Senin, 31 Maret 2014

ORACLE



2. Oracle

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi09fbLWz6SGw72MyaEvg2UMs_6ov_XBGL1XdtSFlvbDj4jQThqMUYeb78_M59Ctj1D62iLox8tTocP8lnhygrfTe3r0j7cXYnvFLTpwuNu28b_EzypX1rbewPFYgqlBXKPqysM-KYtd6ky/s220/logo-oracle.jpgOracle Database adalah sebuah RDBMS (Relational Database Management System) kepemilikan dari Oracle Corporation. Oracle Database ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan sql server maupun MySql tetapi memiliki kekompleksitasan yang jauh berbeda.
Database Storage Engine ini bisa menyimpan data sampai ukuran tera byte, dan database oracle juga meyediakan yg gratisan versi home edition untuk sekedar yg ingin belajar oracle saja sedangkan untuk versi enterprisenya kita harus bayar. Sejauh yg saya tahu dalam pengalaman saya, untuk bagian query-nya oracle tetap menggunakan standard bahasa SQL. Oralce bisa digunakan diberbagai platform seperti unix,windows, atau yg lainnya.
Untuk masalah keamanan oracle bisa dibilang baik. Untuk masalah perfomance oracle kebanyakan bermain di harddisk jadi kalau anda ingin menggunakan oracle anda harus menyediakan space harddisk yg cukup besar. untuk backup oracle mempunyai extensi sendiri namanya file DMP.


Kelebihan Oracle
  • Merupakan software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi.
  • Dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar.
  • Dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga didapatkan informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user.
  • Memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar.
  • Memiliki kemampuan Technology Cluster Server dimana jika terdapat lebih dari satu unit server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server.
  • Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
  • Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi.

Kekurangan Oracle
  • Merupakan software DBMS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari.
  • Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk menjalankan software DBMS Oracle supaya berjalan dengan stabil.
  • Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocokuntuk perusahaan kecil maupun menengah. 


Cara Install Oracle
Kita akan belajar menginstall Oracle 10.1g, pastikan komputer  memadai untuk merunning oracle. Ini Requirement Minimum Value
—————————————————————————
Physical memory (RAM) 256 MB minimum, 512 MB recommended
Virtual memory Double the amount of RAM
Temp disk space 100 MB
Hard disk space 1.5 GB
Video adapter 256 colors
Processor 200 MHz minimum
—————————————————————————-

Gambar 1. Oracle Universal Installer
Program instalasi yang disebut “Oracle Universal Installer” ini didevelop pake bahasa Java. Klik tombol “Install/Deinstall Product”.
21.jpg

Gambar 2. Setting target instalasi
Pada form dibawah kita diminta menentukan lokasi penyimpanan file hasil instalasi, ubah jika perlu. Biarkan setting lain dalam keadaan default. Jangan lupa isi databse password, dan jangan lupa pula untuk diinget ya, ntar gak bisa login lho.. Klik next, akan muncul window konfirmasi seperti ini:
31.jpg


Gambar 3. Summary
Klik install untuk memulai instalasi. Biarkan Oracle menginstall, prosesnya cukup lama lebih dari setengah jam.
41.jpg

Gambar 4. Proses instalasi
51.jpg

Gambar 5. Proses pembuatan database
61.jpg

Gambar 6. Summary
71.jpg

Gambar 7. Instalasi selesai
81.jpg

 Copy teks yang ditampilkan pada window instalasi terakhir. Informasi itu akan berguna untuk manajemen database kamu.
Informasinya akan seperti ini:
The following J2EE Applications have been deployed and are accessible at the URLs listed below.Your database configuration files have been installed in F:\oracle\product\10.1.0 while other components selected for installation have been installed in F:\oracle\product\10.1.0\Db_1. Be cautious not to accidentally delete these configuration files.
Ultra Search URL:
http://DANCPM:5620/ultrasearch

Ultra Search Administration Tool URL:
http://DANCPM:5620/ultrasearch/admini

SQL*Plus URL:
http://DANCPM:5560/isqlplus

Enteprise Manager 10g Database Control URL:
http://DANCPM:5500/em

Setelah selesai, browser kamu akan membuka Enteprise Manager 10g Database Control, close saja karena itu tidak banyak digunakan kalo kamu buka seorang DBA (Database Administrator)



Gambar 8. Enteprise Manager 10g Database Control
Untuk memulai memakai oracle buka :Start Menu -> Programs -> Oracle – OraDb10g_home1 -> Application Development -> SQL Plus
91.jpg


Gambar 10. Login
Kamu akan diminta data login. Masukkan username=system dan password sesuai instalasi. Biarkan Host String kosong. Host String perlu diisi jika kamu mau mengakses database yang ada diserver atau dalam komputer kamu ada lebih dari satu database. Karena kita hanya punya satu database yaitu orcl maka Host String kosongkan.
101.jpg

0 komentar:

Posting Komentar