Senin, 31 Maret 2014

MICROSOFT ACCESS



3. Microsoft Access

http://www.softcalc.co.uk/Access202007.png 
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana.


Kelebihan Microsoft Access

·        Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

·        Kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language ( SQL ).
Microsoft Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua table basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya. Misalnya untuk membuat query, Microsoft menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa SQL nya.

Kekurangan Microsoft Access

·        Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien atau server.

·        Karena kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan maka bayak pengguna Microsoft Access menggunakan solusi system manajemen basis data yang bersifat klien / server.

Cara Install Ms Access 

Belilah CD Master Master Microsoft Office 2007 yang asli jangan yang bajakan ya ^_^

  1. Masukkanlah CD Master Microsoft Office 2007 pada CD/DVD ROM.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut :
  3. Masukkan kode key atau serial number yang terdapat dalam CD instalasi Office 2007.
  4. Jika serial number yang Anda masukkan benar, maka akan keluar tanda ceklis pada bagian kanan kolom
  5. Selanjutnya klik Continue. 
  6. Pada perintah selanjutnya kita dihadapkan pada tampilan “Choose the installation you want” disini kita dapat memilih :
    • Install Now : Kalau kita memilih pilihan ini maka kita akan menginstall paket defaultnya Office 2007 tanpa bisa memilih paket yang kita inginkan.
    • Customize : Kalau kita memilih pilihan ini maka kita dapat memilih paket software apa saja yang akan kita install.
  7. Setelah kita pilih instal maka akan muncul layar berikut, terus kita beri centang pada kotak kecil disudut kiri bawah. Lalu klik Continue.
  8. Biarkan Proses Instalasi berjalan dengan sendirinya, tunggulah beberapa menit hingga proses instalasi selesai. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang kita gunakan maka semakin cepat pula proses instalasi.
  9. Instalasi telah selesai dan selanjutnya kita tekan tombol Close.
  10. Tahap demi tahap telah Anda lakukan, selanjutnya selamat menggunakan Microsoft Office 2007.

0 komentar:

Posting Komentar